CLICK HERE FOR THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES »

Minggu, November 11, 2007

SI CANTIK AURORA
Pasti banyak yang pernah mendengar dongeng kuno tentang putri cantik bernama Aurora. Putri itu tertidur selama 100 tahun karena kutukan peri jahat, namun akhirnya berhasil dibangunkan sang pangeran. Tapi, aurora yang akan kita bahas disini bukanlah sang putri, melainkan sebuah fenomena alam yang juga sama cantik dan berwarna-warni.
Seperti apa aurora itu?
Nama aurora pertama kali dipakai seorang ilmuwan bernama Pierre Gassend dan diambil dari dewi nama fajar Romawi kuno. Aurora ialah cahaya gemerlapan yang tercipta diudara dan terjadi akibat benturan antara atom2 dan molekul dengan pertikel2 bermuatan,terutama elektron & proton yang berasal dari matahari. warna2 yang dihasilkan aurora disebabkan benturan dari partikel dengan molekul atau atom yang berbeda. Misalnya, aurora hijau terbentuk dari benturan partikel elektron dengan molekul nitrogen. Sementara itu, aurora merah akibat benturan partikel elektron dan atom oksigen. Ada 2 jenis aurora yang dikenal, yaitu Aurora Borealis yang terlihat dibelahan bumi utara dan Aurora Australis yang terlihat di belahan bumi selatan. Si cantik ini sebenarnya bisa dijumpai disetiap bagian langit, tapi susah terlihat jelas kecuali didaerah2yang dekat dengan Kutub Utara & selatan.
Aurora bisa muncul dalam berbagai bentuk berbeda. wujudnya yang berubah-ubah itu bergantung pada panjangnya malam. tapi, aurora paling indah terlihat pada tengah malam.

0 komentar: